Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

4.225 Mahasiswa Unmul Ikuti Mentoring

Posted by WD on March 11, 2011

Upaya Berantas Buta Huruf Alquran
Membaca Alquran adalah kewajiban setiap muslim. Untuk itu, melalui Badan Pelaksana Praktikum Agama Islam (BPPAI) Universitas Mulawarman membuat Program Mentoring Baca Alquran. BPPAI adalah badan pelaksana praktikum agama Islam atau mentoring yang bertugas untuk melaksanakan mentoring secara teknis di lapangan. Program ini bertujuan untuk memberantas buta huruf Alquran, dikalangan mahasiswa. Yakni mentoring atau praktikum agama Islam.

“Program ini didesain demi terciptanya mahasiswa Unmul yang mampu membaca Alquran dengan baik dan benar” jelas Mukti Priastomo, Ketua BPPAI. Program yang disusun ini menjadi agenda wajib bagi seluruh mahasiswa muslim di Unmul. Karena program mentoring ini di bawah mata kuliah agama Islam. Sehingga setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah
agama Islam wajib memprogramkan mentoring ini.

“Jumlah mahasiswa yang akan mengikuti mentoring ini sementara sebanyak 4.225 mahasiswa. Karena data mahasiswa muslim yang belum valid. Sebab, bisa saja ada mahasiswa yang mundur,” sebut Mukti.
Pelaksanaan mentoring ini tidak dilaksanakan serentak, namun dibagi dalam dua tahap. Yakni pada semester ganjil ini dan semester genap sesuai dengan kurikulum masing-masing fakultas yang memprogramkan mata kuliah agama Islam.
Mekanisme pelaksanaan program ini sama seperti kuliah. Dimana kegiatannya berlangsung intesif setiap pekan dengan dibina masing-masing satu kelompok satu orang mentor pembimbing.
“Mentor adalah mahasiswa yang membina satu kelompok mentoring. Tugasnya mengajarkan baca Alquran yang baik dan benar. Sehingga mentor dipilih melalui beberapa penyaringan salah satunya madrasah mentor atau sekolah mentor,” terang mahasiswa Fakultas Farmasi ini.
Dengan adanya mentoring ini, diharapkan mahasiswa Unmul dapat membaca Alquran dengan baik dan benar. Segingga tercipta suasana kampus yang bernuansa islam karena mahasiswanya senantiasa berinteraksi dengan Alquran.
Menurut Mukti, program mentroing tidak hanya baca Alquran saja, namun juga ada pelatihan salat, bersuci dan penyelenggaraan jenazah. (ici) (sapos.co.id)

Sumber: http://www.unmul.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=113&Itemid=98

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: