Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Matinya Ilmu Ekonomi

Posted by WD on October 8, 2008

Sudah 11 tahun lalu buku matinya ilmu ekonomi karangan Paul Omerod ini terbit di Indonesia, tapi isinya masih up todate. Kesalahan dari ekonomi sekarang adalah karena tidak ada adanya moral dan etika dalam ekonomi, ajaran “theory of moral sentiment” Adam Smith dan moral dari Davis Hume dijauhkan. Yang ada adalah keserakahan (greed) dan mengejar keuntungan semata. Coba saja lihat seberapa besar moral dan etika diajarkan di Fakultas Ekonomi diberikan, paling2 mata kuliah agama doang yang cuma paling 3% dari mata kuliah yang diberikan.

Siklusnya di Indonesia:
suku bunga naik -> hot money masuk -> mata uang menguat -> suku bunga turun ->
over credit sektor riil -> inflasi naik -> hot money kabur -> kembali ke awal

Bagaimana dengan Indonesia?
Hal harus diperhatikan:
1. Hot money yang masuk ke Indonesia
Cadangan devisa yang besar didalamnya ada hot money yang bisa keluar sewaktu-waktu, apalagi jika Rupiah kita melemah. Dalam hal ini Pemerintah malah bersikap diam, lain halnya dengan Thailand yang sangat ketat terhadap hot money ini. Kalau begini kita bisa menilai seberapa wise Pemerintah kita. Ini seperti anak kecil makan permen, kalau kebanyakan bisa sakit gigi.

2. Harga komoditas yang naik pesat
Harga komoditas yang naik pesat disebabkan oleh melemahnya nilar dolar US dan permintaan komoditas dalam jumlah besar. Sehingga peran spekulan berperan penting (kalau ini ga jauh beda prilakunya dengan di pasar tradisional sekalipun). Lihat aja sekarang harga nikel, CPO, minyak, coal sudah diskon 50%.

Bagaimana menyikapinya?
1. Dampak subprime mortgage akan menyebabkan capital outflow dari hot money yang menarik dananya di Indonesia. Hal ini biasanya bersifat sementara
2. Perekonomian dunia terjadi balancing ke Cina dan India, pertumbuhan ekonomi di Cina diperlambat dengan menaikkan suku bunganya. Di samping itu konsumsi domestik di kedua negara tersebut sangat besar.

3. Isu politik
Terlepas benar atau tidak, kehancuran ekonomi di Amerika menjadi bahan bagi kubu Obama untuk menujukkan kegagalan Bush dalam hal ini. Kita tunggu saja hingga bulan Desember 08, saat Pemilu di Amerika berlangsung

4. TIME TO BUY
Namanya juga siklus, saat ini merupakan saat yang tepat untuk masuk ke pasar modal. Kata Warren Buffet, IT’S TIME TO BE GREED, tapi jangan terlalu serakahlah. Kalau udah untung jangan kemaruk.

Salam

By Dodik

http://finance.groups.yahoo.com/group/ekonomi-syariah/message/12754

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: