Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Guru Inggris Takut Mengajar Evolusi, Gara-Gara Didebat Muridnya

Posted by WD on October 9, 2008

Rabu, 10 Oktober 2007

BBC melaporkan adanya ketakutan sebagian guru untuk berdebat masalah evolusi, sehingga menghindari bahasan itu sama sekali di kelas

Hidayatullah.com–Menurut direktur London’s Institute of Education, Profesor Michael Reiss, meningkatnya jumlah murid Muslim di sekolah-sekolah Inggris adalah di antara pemicu bangkitnya paham penciptaan. Ia menambahkan, jumlah pelajar Muslim meningkat pesat dalam 10 – 20 tahun terakhir, dan banyak dari keluarga Muslim tidak meyakini teori evolusi dibandingkan dengan keluarga Kristen.

Semakin banyak guru yang ia jumpai di pertemuan-pertemuan ilmiah mengadukan hal ini. Para guru itu mendapati semakin banyak murid menganut penciptaan, kisah sang Profesor. Sudah bukan zamannya lagi
para guru ilmu pengetahuan alam dapat mengabaikan begitu saja paham penciptaan ketika mengajarkan tentang asal usul, ungkap Profesor Reiss sebagaimana dikutip koran terkemuka Inggris, The Independent, 6
Oktober 2007. Guru-guru itu hendaknya menanggapi bahasan itu dengan cara yang tidak memusuhi, tegas sang Profesor.

Buah Bibir di Media Massa

Harian tersohor lain di Inggris, The Daily Telegraph dan The Guardian, tak ketinggalan mengangkat bahasan yang sepertinya akan memanas di masa mendatang ini. Tampil dengan judul Creationism can be a topic in
class (Paham penciptaan dapat menjadi pokok bahasan di kelas), koran The Daily Telegraph, 2 Oktober 2007, memaparkan kebijakan pemerintah Inggris seputar paham penciptaan di sekolah.

Arahan resmi ini membolehkan perbincangan seputar paham penciptaan yang menjadi tandingan evolusi, teori yang mengingkari penciptaan dan Pencipta. Namun, menurut kebijakan ini, pembahasan tentang penciptaan harus di luar pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Para akademisi di Valdosta State University, Amerika Serikat dan The Institute of Education di London, Inggris, berpendapat bahwa teori evolusi sepatutnya diajarkan sebagai bagian penting pelajaran ilmu
pengetahuan alam, dengan memberi ruang bagi perbincangan paham penciptaan. Demikian tulis Anthea Lipsett di koran kondang The Guardian, 5 Oktober 2007, dengan judul Experts call for creationism in
the classroom (Para pakar menyeru [diajarkannya] paham penciptaan di ruang kelas).

Perancangan Cerdas Tidak Puas

Meskipun begitu, kalangan pendukung Perancangan Cerdas (Intelligent Design) belum puas dengan keputusan ini. Mereka berdalih, Perancangan Cerdas didukung bukti-bukti ilmiah mutakhir, sehingga seharusnya menjadi bagian pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan mendapatkan perlakuan sama seperti teori evolusi. Perancangan Cerdas menganggap alam semesta dirancang sempurna dan dihasilkan melalui perancangan cerdas, bertolak belakang dengan teori evolusi yang meyakini alam semesta ada dengan sendirinya secara kebetulan acak, tanpa penciptaan dan menolak adanya Pencipta.

Truth in Science merupakan salah satu lembaga di Inggris yang paling giat mendorong diajarkannya pandangan lain yang kritis terhadap teori evolusi di sekolah. Di lembaga ini, terdapat nama-nama seperti Andy McIntosh, profesor Termodinamika dan Teori Pembakaran di University of Leeds dan penulis lebih dari 100 karya ilmiah penelitian. Penelitiannya mencakup pula biomimetika, yang mempelajari mekanisme
alamiah untuk penerapannya di bidang rekayasa.

Ada juga Stuart Burgess, profesor Desain dan Alam, ketua jurusan Teknik Mesin di Bristol University. Ia meneliti penelaahan mekanisme terbang serangga dan efisiensi rancang bangun pada pohon.

Paket Gratis

Truth in Science melakukan kerja nyata dengan membagi-bagikan paket gratis berisi bahan pengajaran kritis teori evolusi. Pada bulan September 2006, paket gratis ini dikirimkan kepada setiap kepala sekolah menengah di Inggris.

Paket ini berisi DVD berjudul Where does the Evidence Lead? (Ke manakah Bukti Mengarah?) dan buku panduan untuk guru (bentuk pdf-nya dapat diunduh di TiS_Pack_Teachers_Manual.pdf

DVD ini terdiri atas enam bab, masing-masing berupa film dokumenter berdurasi 6 menit, cocok untuk pengajaran di sekolah. Paket ini berisi pula DVD film dokumenter panjang berjudul Unlocking the Mystery of
Life (Menyingkap Rahasia Kehidupan).

Sumber: Kolom Teori Evolusi Menanti Ajal, http://www.hidayatullah.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: