Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

IMF: Amerika Benar-benar Memasuki Masa Resesi Ekonomi

Posted by WD on October 9, 2008

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai Amerika benar-benar telah memasuki masa resesi ekonomi

Hidayatullah.com–Dana Moneter Internasional (IMF) menilai Amerika benar-benar telah memasuki masa resesi ekonomi selain memperkirakan pertumbuhan ekonomi negara ini juga mengalami penurunan.

Sebagaimana dilansir AFP dari Washington, IMF hari Rabu (8/10) memperkirakan tingkat pertumbuhan ekonomi Amerika pada tahun 2009 bakal menurun dari 0,8 persen menjadi 1,0 persen.

IMF punya keyakinan Amerika akan mampu memperbaiki pertumbuhan ekonominya pada tahun 2010.

IMF menegaskan bahwa defisit bujet Amerika akan terus meningkat dengan cepat dan pada tahun 2009 produksi kotor dalam negeri Amerika hanya 4,5 persen.

Ini adalah angka tertinggi di antara 7 negara industri dunia. IMF menambahkan, kondisi keuangan Amerika pada tahun 2009 sama buruknya dengan tahun 2008.

Karena prakarsa ekonomi Bush guna menyelematkan sistem perbankan negara ini membutuhkan waktu lama guna mendapat kepercayaan pasar.

Krisis Wall Street

Sementara itu, bersamaan dengan pelaksanaan program penyelamatan ekonomi di AS, para pejabat tinggi negara ini masih mengabarkan berlanjutnya krisis di Wall Street.

Presiden AS, George W Bush mengatakan, “Masyarakat AS tidak seharusnya menanti pemulihan kondisi ekonomi negara ini secara langsung.” Ketua Federal Reserve (Bank Sentral AS) Ben Bernanke, menyatakan bahwa kondisi ekonomi di negara ini kian parah. Dengan kondisi seperti ini, indeks bursa Wall Street, hari Selasa, anjlok pada titik yang terendah dalam lima tahun terakhir.

Sebelumnya, para ekonom berharap program penyelamatan ekonomi yang diratifikasi Kongres AS dapat mengerem resesi ekonomi di pasar bursa yang semakin parah. Bernanke sendiri menyatakan, “Kriris ekonomi berhadapan dengan aspek-aspek historis.” Diprediksikan, kebangkrutan sejumlah bank raksasa AS akan menimbulkan krisis ekonomi di dunia. [irb/www.hidayatullah.com]

http://hidayatullah.com/index.php?option=com_content&view=article&id=7693:imf-amerika-benar-benar-memasuki-masa-resesi-ekonomi-&catid=67:internasional&Itemid=55

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: