Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Krisis Keuangan; Eropa Senasib dengan AS

Posted by WD on October 9, 2008

Krisis ekonomi Amerika Serikat (AS) ternyata juga berdampak pada yang lain. Secara bersamaan, ekonomi Eropa juga terguncang

Hidayatullah.com–Bersamaan dengan perundingan segi empat kekuatan utama ekonomi Eropa di Paris, media-media massa benua ini melaporkan kebangkrutan bank kreditor kedua di Jerman, Hypo Real Estate.

Pada pertengahan bulan September diumumkan bahwa Bank Hypo Real Estate berada dalam kondisi buruk. Pemerintah Jerman membentuk konsorsium bank-bank swasta untuk menyelamatkan Bank Hypo Real Estate.

Namun setelah bank-bank swasta tersebut menganulir kebijakan mereka untuk membantu Bank Hypo Real Estate, pemerintah Angela Merkel dihadapkan pada kendala yang serius. Jika dana sebesar 36 milyar Euro tidak dikucurkan ke Bank Hypo Real Estate, Senin pagi, bank kreditor kedua terbesar di Jerman akan bangkrut.

Terkait hal ini, Menteri Dalam Negeri Jerman, Wolfgang Schäuble, dalam artikelnya yang dimuat di Majalah Dier Spiegel, memperingatkan dampak-dampak buruk akibat resesi keuangan akhir-akhir ini.

Ia mengingatkan bahwa kondisi saat ini sama seperti situasi menjelang berkuasanya Hitler di Jerman.

Resesi keuangan yang terjadi pada tahun 1929 telah menghantarkan Hitler berkuasa pada tahun 1933. Krisis saat itu bisa dikatakan sebagai langkah awal dari kekuasaan Hitler. Kondisi yang sama juga dialami oleh Jerman saat ini. Demikian ditegaskan Wolfgang Schäuble.

Resesi keuangan yang dimulai dari AS, tidak hanya berdampak pada Jerman, tapi juga berimbas pada Uni Eropa. Padahal negara-negara Eropa tengah melakukan privatisasi atas instansi-instansi pemerintah. Namun resesi keuangan yang terjadi akhir-akhir ini menghambat proses privatisasi yang tengah digalakan Uni Eropa. Bahkan negara-negara Uni Eropa terpaksa harus menyelamatkan instansi dan lembaga-lembaga keuangan yang terancam bangkrut. Kondisi seperti ini juga menimpa Belgia, Inggris, Belanda, Perancis dan Jerman.

Sebelumnya, bintang-bintang keuangan AS berjatuhan seperti daun musim gugur. Merrill Lynch, Lehman Brothers, dan American International Group meleleh ke tanah. Washington Mutual terjatuh koma; belum pernah ada bank setua dan sebesar ini yang bangkrut sepanjang sejarah AS. Kini, giliran Eropa mengalami nasib yang sama seperti AS. [irb/www.hidayatullah.com]

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: