Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Tips Membantu Remaja Menghindari Kehamilan

Posted by WD on May 3, 2009

Pentingnya berkomunikasi dengan masalah remaja tentang Seks dan kehamilan tidak dapat diabaikan begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan guna membantu Anda untuk berbicara dengan anak tentang menghindari kehamilan di usia dini.

Berikan anak Anda contoh-contoh sebenarnya dari orang tua yang berusia remaja. Lebih baik lagi, atur kesempatan untuk berbicara dengan anak Anda agar dia mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana sulitnya menjadi orang tua saat masih remaja.

Lakukan pendekatan langsung mengenai masalah seks dan kehamilan. Anak remaja Anda sedang berada dalam tahap dimana cinta dan seks muncul sebagai pengaruh kuat. Tanpa bimbingan yang tepat, anak Anda dapat dengan mudah terpengaruh oleh munculnya perasaan yang dapat menyebabkan perilaku yang impulsif.

Jelaskan pada mereka kenapa Anda tidak setuju dengan seks pra-perkawinan. Anda harus menjelaskan sudut pandang anda mengenai masalah ini pada mereka dan tanyakan juga bagaimana pendapat mereka. Hal ini akan membangun jembatan antara Anda dan anak Anda agar mereka dapat lebih terbuka mengenai masalah seks.

Perhatikan masalah seksual anak Anda, sangat penting bagi anak Anda mengetahui mengenai masalah kontrasepsi dan berbagai macam penyakit seksual.

Jangan takut jika anak Anda menanyakan tentang masalah seks remaja atau kontrasepsi. Yakinlah bahwa ini merupakan tanda yang baik jika anak Anda datang kepada Anda untuk mendapatkan informasi daripada dia mendapatkannya dari sumber-sumber lain yang tidak meyakinkan. Jawab semua pertanyaannya tanpa harus mempromosikan aktivitas seksual.

Jangan biarkan anak Anda berada di tempat aktivitas seksual mungkin terjadi. Anda harus memastikan bahwa tidak ada kemungkinan untuk munculnya kesempatan terjadinya aktivitas seksual pada anak Anda. Anda bisa membuat anak Anda tetap sibuk dengan kegiatan yang produktif.

Merupakan ide yang baik untuk membuka topik seks dengan anak Anda ketika dia lebih muda agar tidak shock tiba-tiba disaat dia mengetahui masalah ini pada satu waktu. Sedikit demi sedikit, orangtua harus memperkenalkan lebih lanjut tentang masalah seksualitas ke anaknya ketika anaknya telah mencapai tahap yang sesuai.

http://www.youth.dnaberita.com/Tips%20Membantu%20Remaja%20Menghindari%20Kehamilan.php

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: