Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Introvert vs. Ekstrovert

Posted by WD on May 1, 2010

Masa ini adalah masa dimana orang2 berkepribadian ekstrovert disanjung2 n berkepribadian ekstrovert itu sendiri dianggap baik. Mereka yang ekstrovert dipandang sebagai orang2 yg mampu bersosialisasi dengan baik, luwes, fleksibel n memiliki kepribadian yang menawan. Sementara mereka yang introvert dipandang buruk, canggung, dan tidak memiliki kemampuan bersosialisasi.

Namun benarkah bahwa menjadi orang yang introvert adalah buruk dan menjadi orang yang ekstrovert adalah baik?

Orang yang pertama kali mengemukakan ttg introvert n ekstrovert ini adalah Carl Gustav Jung, seorang psikoanalisis yang menjadi kawan sekaligus murid Sigmund Freud. Dan coba tebak kepribadian manakah menurut Jung yang terbaik?

Introvert.

Bukan ekstrovert.

Menurut Jung, orang2 introvert adalah mereka yg terampil dalam melakukan perjalanan ke dunia dalam, yaitu diri mereka sendiri. Mereka selalu mencoba memahami diri mereka sendiri dengan melakukan banyak perenungan dan berkontemplasi. Pada akhirnya mereka menjadi orang yang memahami dirinya, berpendirian keras, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya.

Namun mereka yg introvert seringkali terlalu disibukkan dengan dirinya sendiri, kurang peka terhadap lingkungannya dan akhirnya lingkungannya juga tidak dapat menerima mereka yg introvert dengan baik. Mereka tau apa yg mereka mau namun sulit untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Hal ini membuat mereka yang introvert seringkali dicap sebagai orang aneh.

Sementara itu mereka yg ekstrovert terampil dalam melakukan perjalanan ke dunia luar. Mereka dengan luwes dapat berinteraksi dengan banyak orang. Membuat orang lain terkagum-kagum n menyukainya. Namun semua ini dilakukan dengan mengorbankan dirinya sendiri. Mereka sering terpaksa mengorbankan kepribadiannya sendiri agar dapat diterima oleh orang banyak. Singkatnya, mereka yang ekstrovert n mudah bergaul biasanya adalah orang yang sering berganti-ganti dalam menggunakan personanya.

Persona, dari bahasa Yunani yang berarti topeng. Dalam psikologi, persona sering diidentikkan dengan kepribadian. Dari kata persona ini juga muncul kata ”personality” dan ”person”. Kita menggunakan topeng seorang murid saat kita berhadapan dengan guru. Menggunakan topeng orang sholeh saat berhadapan dengan ustadz. Menggunakan topeng seram saat berhadapan dengan musuh. Dan begitu seterusnya dalam hidup kita, terus berganti-ganti topeng.

Permasalahannya adalah orang2 yg ekstrovert lebih sering berganti topeng. Akhirnya dirinya tidak lagi memahami siapa dirinya yang sebenarnya. Makanya tidak mengherankan apabila kita sering menemui orang yg gaul, bintang film, memiliki banyak teman, seakan-akan memiliki hidup yang sempurna, namun pada kenyataannya dia merasa tidak bahagia dengan hidupnya. Terlihat kuat namun sebenarnya sangat lemah secara mental. Banyak berkata2 namun tanpa makna. Banyak teman namun sering kesepian.

Inilah akibat yang timbul apabila terlalu sering berganti topeng. Seperti di film ”The Mask”, yang meskipun topengnya memberikan kekuatan, namun pada akhirnya topeng tersebut menguasai jiwa si pemakainya. Membuat pemakainya kehilangan kendali atas dirinya sendiri.

Orang2 introvert memiliki kendali atas dirinya sendiri, namun seringkali mengalami penolakan oleh lingkungannya.

Orang2 ekstrovert dapat memiliki segalanya, kecuali satu, dirinya sendiri.

Sumber: http://harrisalrasyid.blogspot.com/2008/03/introvert-vs-ekstrovert.html

3 Responses to “Introvert vs. Ekstrovert”

  1. redkafaye said

    jadi bingung, aku masuk introvert apa extrovert ya?? 😀

  2. 074mw said

    Ooo.. Gitu ya. Saya kira pribadi introvert itu gangguan kejiwaan gitu, ternyata bukan ya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: