Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Mentoring as a Process, Not a Product

Posted by WD on March 24, 2011

Oleh: Nugraha

Apa definisi mentoring menurut kalian?Hmm.. pastinya akan ada berbagai versi mengenai definisi mentoring. Ada yang mendasari pada referensi ilmiah dan kajian psikologi, atau ada juga yang mendefinisikan secara empirik berdasarkan pengalaman menjadi mentor di lapangan.

Apapun definisi mentoring, yang jelas dia tidak akan lepas dari unsur keteladanan. Itu sebabnya, bagi mentor, integritas menjadi sebuah kata kunci yang harus tertanam dalam karakter. Suka tidak suka, mau tidak mau begitulah adanya. Kenapa, karena mentoring itu adalah sebuah proses untuk membantu seseorang menemukan jati dirinya – coba dilihat lagi akar kata mentoring yang berasal dari cerita Yunani kuno antara Thelemacus dengan Mentor.

Banyak yang kemudian kurang proporsional dalam menempatkan mentoring sebagai sebuah produk, dan saya lihat ini banyak terjadi di lembaga-lembaga pengelola mentoring di Indonesia.

Mentoring bukanlah sebuah produk. Mentoring adalah sebuah proses dari rangkaian pembentukan karakter manusia. Dari mentoring akan dihasilkan berbagai hal yang terpenting adalah ketangguhan karakter. Itu sebabnya mentoring bagi mereka yang memiliki mindset mentoring as a product hanya akan berpikiran bagaimana mentoring dapat terselenggara, that’s all. So… ini yang menyebabkan penyelenggaraan mentoring di Indonesia masih banyak menghadapi kendala, kenapa karena start pembangunan minds mentor dan lembaga pengelola mentoring yang kurang tepat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: