Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

4 Tahapan Pelaksanaan Mentoring

Posted by WD on May 17, 2014

mentoring-asyikSetiap kita tentunya mau menjadi seorang pemimpin bahkan mungkin saat ini Anda sudah menjadi seorang pemimpin. Ada pepatah, pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang banyak melahirkan pemimpin – pemimpin baru di dalam kepemimpinannya.Sudahkah Anda menjadi seorang pemimpin yang efektif? Nah, apa solusinya? Solusinya tidak lain adalah melalui proses mentoring. Ada 4 tahapan mentoring yang perlu kita ketahui dan terapkan.

Pertama, I Do You Watch

Tahapan pertama dalam 4 tahapan mentoring adalah I Do You Watch. Dalam tahapan ini, kita sebagai seorang mentor memberikan contoh untuk orang yang dimentor. Tahapan ini memungkinkan orang yang kita mentor mempelajari dengan melihat langsung bagaimana Anda melakukan sesuatu mulai dari tahap persiapan sampai tahap akhirnya yaitu dimana Anda melakukan sesuatu dan melakukan evaluasi.

Kedua, I Do You Help

Setelah melewati tahapan yang pertama. Tahapan selanjutnya adalah mengajak orang yang Anda mentor untuk mulai membantu Anda. Disini orang tersebut akan mulai belajar dan merasakan prosesnya lebih mendalam. Proses ini adalah tahapan yang penting, dimana setelah tahap ini, orang yang kita mentor akan mulai mencoba untuk praktek secara langsung.

Ketiga, You Do I Help

Tahapan yang ketiga dalam 4 tahapan mentoring adalah dengan mengijinkan orang yang kita mentor untuk mulai tampil dan melakukan tindakan. Disini peranan kita sebagai seorang mentor adalah membantu untuk terus mengarahkan supaya orang yang kita mentor ini tetap berada di jalur yang benar.

Keempat, You Do I Watch

Tahapan terakhir ini adalah tahapan dimana Anda sudah merasa yakin dengan kompetensi dan kapabilitas terhadap orang yang Anda mentor. Sehingga di tahapan ini, Anda sudah bisa melepas dan mengamati saja serta mementor calon pemimpin Anda lainnya.

Terapkanlah 4 tahapan mentoring ini untuk menciptakan banyak pemimpin – pemimpin di organisasi Anda. Prinsipnya adalah bukan bisa atau tidak bisa, tetapi mau atau tidak mau. Segalanya tampak penuh harapan hari ini! Life To The Fullest! (adrianluis.com)

Sumber: http://rumahmentor.wordpress.com/2013/11/27/4-tahapan-pelaksanaan-mentoring/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: