Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Menata Kembali yang Berserakan

Posted by WD on September 24, 2014

kerjaBismillahirrahmanirrahiim…

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”(Qs 94: 7)

Just simple apabila telah selesai dari suatu urusan maka kerjakanlah urusan yang lain. Tapi terkadang terasa sulit sekali untuk bisa beranjak ke urusan yang lainnya. Terkadang hanya berkutat pada suatu pekerjaan yang itu-itu saja. Kenapa? Mungkin fokus adalah salah satu kuncinya.

khoirunnas anfau linnas”. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat. Kalau lah itu yang menjadi azzam bagi kita pastilah banyak sekali hal yang harus kita urus, yang harus kita pikirkan, dan yang harus kita lakukan.There are so many jobs that we must do! Untuk menjadi manusia terbaik di mataNya bukan tidak mudah. Banyak aral rintangan menghadang. Untuk menjadi hamba terbaik bagiNya bukan tidak mudah. Banyak godaan datang menghalau. Bahwasannya hamba sejati pasti kan dapati musuh sejati. Kalaulah sudah begitu mampukah kita untuk bisa mengurus banyak hal?mampukah kita untuk bisa beranjak dari satu urusan ke urusan lainnya?

Manusia itu lemah. Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Kalau dipikir bagaimana mungkin bisa mengurus banyak hal, terlebih dalam hal dalam kebaikan?

Namun, justru dengan kelemahan tersebut ternyata manusia bisa melakukan banyak hal. Mengutip kalimat dari sebuah buku ”mencari mutiara di dasar hati” bahwa sumber kelemahanku adalah kekuatanku. Sebagai hamba Allah yang menyadari akan eksistensiNya, ia akan senantiasa menjadikan kelemahannya sebagai suatu hal yang akan mendekatkan dirinya kepada Allah. Dengan kelemahannya ia akan senantiasa memohon ampun serta hanya mengharap padaNya. Dengan kelemahannya ia menganggap dirinya bukanlah apa-apa tanpa pertolonganNya. Dengan kelemahannya ia berusaha untuk selalu menengadahkan tangannya meminta segala rahmat dan kasih sayangNya. Dengan seribu kelemahannya begitu pula akan datang seribu kekuatan pada dirinya.

Di awal telah disebutkan bahwa fokus adalah kunci dalam melakukan setiap hal. Masalahnya, mungkin diantara kita ada begitu banyak hal yang harus diurus, dipikirkan, dan dilakukan sehingga terkadang sulit bagi kita untuk fokus bagi mereka. Ya sekali lagi karena manusia itu lemah. Tapi dua kali lagi jadikan kelemahan itu sebagai kekuatan. Mungkin banyak hal-hal yang kita abaikan sehingga berserakan, banyak kepentingan yang tak terselesaikan, banyak hak-hak mulai dari orang tua, keluarga, hingga saudara yang teracuhkan.Naudzubillahimindzalik. Dan kalaupun itu telah terjadi mari tata kembali yang berserakan!

Mungkin kondisi fisik kita yang lemah membuat kita seperti itu. Tapi Jauh sebelum itu coba tengok kembali bagaiamana ruhiyah kita. Kekuatan ruhiyah melahirkan kekuatan fisik. Begitulah kalimat yang kembali saya kutip dari sebuah buku “mencari mutiara di dasar hati”. Bisa jadi ketidakmampuan kita untuk mengurus banyak hal diakibatkan karena kondisi fisik yang telah lelah dengan segudang aktivitas. Bisa jadi lelahnya fisik kita juga diakibatkan karena kondisi ruhiyah kita. Bisa jadi kita tak memberi cukup asupan nutrisi untuk ruhiyah kita. Bisa jadi dan bisa jadi..

Menata kembali yang berserakan. Tata kembali yang berserakan dengan meningkatkan hubungan vertikal dengan Allah. Biarlah Allah yang menjadi penolong dikala manusia tak sanggup memberikan pertolongan. Jadikanlah kalamNya sebagai suplemen bagi ruhiyah agar mampu menopang fisik kita. Jadikanlah basah lidah kita dalam mengingatNya membuat Dia kembali mengingat kita dalam kondisi sulit. Jadikanlah setiap langkah senantiasa ibadah kepadaNya…

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi (beribadah) kepada-Ku”(QS 51: 56)

Wallahu alam bishowab. RS

Sumber: http://ayomentoring.tumblr.com/tagged/materi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: