Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Ternyata Soekarno dan Tokoh Hebat Lain Punya Mentor

Posted by WD on February 17, 2013

Indonesian President Achmad Sukarno Calming down ProtestersMentoring, kata ini semakin familiar di dunia bisnis dan pembinaan karakter. Sebuah teori berkata, bahwa mentoring adalah sarana akselerasi , karena dengan mentoring kita akan dibina oleh orang yang sudah berpengalaman terlebih dahulu dari kita, sehingga tentu kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Bagaimana hasilnya? Ternyata luar biasa, banyak tokoh-tokoh bangsa bahkan dunia yang ternyata memiliki mentor, salah satunya Soekarno, presiden pertama Indonesia.

Mentor Soekarno adalah HOS. Tjokroaminoto, tokoh nasional juga kala itu dan ketua umum Sarikat Islam. Dalam berbagai sumber, salah satunya buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia terlihat bahwa Soekarno adalah salah satu murid kesayangan Tjokroaminoto, bahkan Soekarno dinikahkan dengan anaknya. Bagaimana hasilnya? Ya, hasil mentoring Tjokroaminoto luar biasa berhasil, Alumni THS (sekarang ITB) ini jadi proklamator kemerdekaan Indonesia, tokoh nasional bahkan dunia yang sangat disegani kala itu.

Sebenarnya banyak tokoh-tokoh lain yang punya mentor, tidak hanya politisi, ada juga pebisnis sampai artis, berikut 4 tokoh yang saya tahu.

1. Justin Bieber

Bieber kecil memang punya bakat, semenjak ibunya meng-upload video bieber di youtube ia menjadi terkenal. Tapi apakah ia langsung bisa seperti ini tanpa bimbingan siapapun? Ternyata ada penyanyi terkenal yang membimbingnya, yaitu Eminem.

2. Ahmad Heryawan

Tokoh fenomenal yang mendapat anugerah sebagai tokoh penghargaan Republika ini juga tidak sendiri. Ia pun mengikuti mentoring, bahkan semenjak SMA dan kuliah. Hasilnya luar biasa, berbagai keberhasilan ia ciptakan selama memimpin Jabar. Mulai dari surplus beras, pembangunan ribuan kelas baru, penekan inflasi nasional, pusat investasi hingga kemajuan infrastruktur. Sangat maju dibanding pemerintahan sebelumnya.

3. Nike Ardilla

Di masanya, nike adalah penyanyi paling bersinar di Indonesia, setiap lagunya selalu menjadi hits tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Asean, khususnya Malaysia, Singapura dan Brunei. Siapa mentor Nike? Dialah Deddy Dores, pencipta lagu handal yang selalu membimbingnya.

4. Happy Trenggono

Mungkin sebagian dari anda belum kenal dia, CEO United Balimuda corp yang juga menjabat Presiden Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) ini adalah salah satu pengusaha dan motivator sukses yang sedang naik daun. Berbagai bisnisnya sedang berkembang cepat hingga ia sendiri punya helikopter pribadi. Mentornya tidak tanggung-tanggung, pakar bisnis Amerika langsung, Keith Cunningham.

Jadi bagi anda yang ingin sukses namun belum punya mentor, segera cari, cari mentor yang tepat, karena ialah bisa jadi akselerator cita-cita kita. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://sosok.kompasiana.com/2013/02/15/ternyata-soekarno-dan-tokoh-hebat-lain-punya-mentor-534427.html

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: