Situs Islam: Klub Sekolah Mentoring Agama Islam

Sinopsis: Dahsyat Mentoring for Teenager

Posted by WD on April 11, 2013

dahsyat mentoring

Penulis Buku: Ustad Noferiyatno

Buku ini adalah buku yang cukup lama ditunggu-tunggu. Dulu buku yang berbicara hal mentoring itu diterbitkan oleh ILNA Learning Center. Dan sudah lama menghilang, Super Mentoring namanya. Nah, sekarang buku Dahsyat Mentoring for Teenager ini seperti air di padang gersang, khususnya dakwah sekolah.

Pembahasan mengenai materi-materi yang kelak akan dibahas di mentoring (pembinaan kelompok) di setiap sekolah, menjadi pembahasan utama buku ini. dan baiknya lagi, semua bahasan materi di jelaskan secara sederhana, mudah dimengerti dan tepat sasaran. serta disertai dengan permainan simulasi yang diharapkan bisa membantu mentor untuk menerangkan pembahasan.

Materi – materi yang diberikan antara lain :

  • syahadatain, memaknai kalimat syahadat..
  • mengenal Allah
  • mengenal Rasulullah
  • mengenal islam
  • akhlak islam
  • dan beberapa materi yang mungkin kita semua tidak asing lagi, hanya saja materi yang dijelaskan di buku ini terukur, terarah dan memiliki tujuan yang pasti poin-poin pentingnya.

Posting tentang buku ini, jadi ingin juga membahas yang lebih besar. mungkin jika kita coba tengok lingkup nasional, lingkup Indonesia, negeri kita semua.

Sekarang ini kita hadir di zaman yang mana serbuan kepada para generasi muda begitu besar. bahkan budaya-budaya yang sudah tidak lagi sesuai dengan moral banyak bermunculan di kita. kadang sempat miris juga, ada tayangan televisi yang menceritakan anak-anak smp tapi dengan pembahasan cinta-cintaan nafsu, busana orang dewasa yang serba minim. dan jangankan di luar negeri, bahkan di negeri ini, di indonesia sendiri sudah mulai bermunculan tayangan-tayangan seperti itu.

Gelombang budaya yang bertujuan untuk menjauhkan generasi kita dari moral dan agama menuju budaya serba bebas yang dibungkus modernitas,  inilah yang menjadi saingan para guru, para pendidik dalam membangun karakter bangsa. Sayang juga jika ternyata yang berperan dalam mendidik bangsa ini hanya guru dan pendidik saja, tapi orang tua, tetangga, saudara, teman dan siapapun dia juga sebenernya berperan.

Lho? kenapa jadi menyimpang kesana arahannya, justru… inilah latar belakang awalnya mungkin…. muncul beberapa asumsi bahwa generasi baru kita mulai memperlihatkan kerawanannya. Smp sudah tawuran, bahkan ada beberapa berita yang sempat meliput tawuran anak SD! Tak terbayangkan, ga pernah kebayang kalo di negeri ini pendidikannya bakal seperti itu. bahkan dulu bisa dibilang negeri ini penyumbang orang-orang besar! bahkan dosen-dosen di luar negeri banyak pula tenaganya dari negeri ini, mereka tahu negeri ini punya potensi. tapi kita? sayang juga.

Masih mau berdiam diri saja? Atau perlahan kita coba ikut kontribusi membangun bangsa ini, membangun karakter generasi selanjutnya yang lebih baik

Sumber: http://rumahbukuiqro.wordpress.com/2012/09/04/buku-dakwah-dahsyatnya-mentoring/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: